Bawang Putih untuk Jerawat, Apakah Benar-Benar Ampuh?

Bawang Putih untuk Jerawat– Apakah Benar Benar Ampuh untuk menghilangkan jerawat?

Agar rasa penasaran anda terjawab silahkan cek pada postingan artikel seputar bawanga putih sebagai salah satu bahan penghilang jerawat pada artikel berikut ini (“Cara Menghilangkan jerawat Denag Bawang Putih” ).

Mari kita lanjutkan pembahasan tentang topik utama pada artiekel ini,So,. Apa yang sering Anda gunakan untuk mengenyahkan jerawat yang membandel? Meskipun Sebagian besar orang lebih memilih memakai jasa perawatan oleh dokter profesional yang tentunya tidak bisa di bilang murah ataupun juga menggunakan obat-obatan dengan bahan kimia guna menghilangkan jerawat. Sementara beberapa lainnya lebih memilih memakai bahan-bahan alami. Banyak yang bilang bahwa gunakan bawang putih guna menghilangkan jerawat tersebut sudah terbukti efektif. Benarkah?

 

Apakah bawang putih memang ampuh untuk mengobati jerawat?

Akhir-akhir ini makin tidak sedikit orang yang mengoleskan bawang putih guna menghilangkan jerawat yang menempel pada permukaan kulit setelah menyaksikan video yg sempat viral dari seorang beauty vlogger asal Canada yang mengklaim bahwa irisan kecil bawang putih ampuh guna menghilangkan jerawat seketika. Bagaimana bisa?

Doris Day, M.D, seorang dokter kulit sekaligus penulis buku terlaris best seller dengan judul 100 Questions and Answers About Acne,berasumsi bahwa urusan menghilangkan jerawat dengan bawang putih ini barangkali saja bisa terjadi karena bawang putih mempunyai kandungan antioksidan dan sifat antiradang.

Pernyataan ini lantas di dukung oleh Rachelle Wood, seorang berpengalaman gizi di Charlottetown P.E.I yang meyakini bila bawang putih dapat menolong melawan peradangan berkat bahan kimia alami, yang mempunyai nama lain allicin. Kandungan allicin dalam bawang putih dapat membunuh tidak sedikit virus dan bakteri yang sangat riskan dalam tubuh.

 

Bagaimana cara penggunaan bawang putih untuk menghilangkan jerawat?

Jika Anda hendak mencoba teknik ini untuk mengusir jerawat yang satu ini, Farah Dhukai, beauty vlogger asal Canada telah membagian resepnya untuk anda dengan teknik memotong bawang putih dalam ukuran yang kecil sampai keluar ekstrak cairannya.

Setelah itu, dapat langsung kita oleskan pada lokasi wajah yang berjerawat. Sementara andai jerawat yang hadir berukuran besar, Anda dapat menggosokkan bawang putih di lokasi yang berjerawat lantas diamkan sampai semalaman.

Selain Cara di atas ada pula cara lain yang dapat kita praktekkan dalam hal menghilangkan jerawat yang membandel ini, caranya ialah kita dapat mengonsumsi bawang putih secara langsung atau dengan menghancurkannya dengan cara di tumbuk lantas mencampurnya ke dalam segelas susu, seperti yg telah dikutip dari laman Livestrong. Namun, penting untuk Anda guna menguji kecocokannya dengan kulit kita terlebih dahulu, dengan mengoleskan di lokasi kulit lainnya. Lalu lihat apakah memunculkan reaksi pada kulit Anda.

 

Apakah Semua Orang Boleh Menggunakan Bawang Putih Untuk Jerawat?

Meski terlihat lumayan menjanjikan, kita tetap mesti berhati-hati bila hendak mencoba teknik alami yang satu ini.Marie Leger, M.D.,Ph.D, seorang dokter kulit sekaligus asisten profesor di New York City berasumsi bahwa mengoleskan bawang putih pada jerawat dapat mengakibatkan dermatitis kontak, peradangan kulit dan berdampak iritasi. Kondisi ini seringkali terjadi pada orang yang mempunyai alergi terhadap bawang putih, atau bahkan pada orang yang tidak mempunyai alergi bawang putih sama sekali namun kulitnya termasuk kategori sensitif.

Terlebih lagi apabilah mengoleskannya pada orang yang kulitnya sensitif, mengoleskan bawang putih bisa jadi  justru dapat malapetaka sebab hal tersebut malah akan membuat kita “memanen” jerawat yang lebih banyak, bahkan sampai menyebabkan kulit terasa panas dan perih.

Sebagai gantinya, semua pakar kesehatan kulit lebih menganjurkan untuk menggunakan teknik lain yang telah lebih teruji kemanjurannya untuk menanggulangi jerawat membandel. Misalnya dengan krim hidrokortison yang dapat dibeli di apotek, lidah buaya, maupun obat yang berisi asam salisilat dan benzoyl peroxide.Lagi-lagi, tidak boleh lupa guna menyesuaikannya agar kulit anda kembali dengan suasana kulit kita lebih mulus dan indah dan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit Anda.

Tahukah kamu andai bawang putih yang seringkali digunakan sebagai salah satu bumbu penyedap dalam masakan ini, ternyata dapat kamu manfaatkan sebagai obat peredah jerawat. Tingal haluskan bawang putih dengan teknik diulek atau diblender. Hanya dengan mengoleskan bawang putih pada wajah, bisa mengempeskan jerawat pada wajah mu. Tapi tidak boleh remehkan efek sampingnya juga, sebab tidak seluruh kulit tahan dengan bawang putih. Bagi lebih jelasnya bagaimana sih guna dan efek samping dari bawang putih, yuk simak tipsnya berikut ini.

1. Mempercepat Keluarnya Jerawat

Kandungan senyawa aktif yang terkandung di dalam bawang putih di percaya dapat mempercepat proses keluarnya jerawat, dengan begitu bakal semakin cepat pula proses pengobatan jerawat. Kamu dapat menggunakan 1-2 siung bawang putih, bahas dan cuci bersih bawang putih. Haluskan bawang putih dengan teknik diulek atau diblender, letakkan pada wadah yang bersih. Sebelum memakai bawang putih pastikan wajah telah bersih, dan oleskan bawang putih pada jerawat kemudian diamkan sampai mengering dengan sendirinya.

2. Mempercepat Kematangan Jerawat

Memiliki jerawat diwajah ialah sesuatu urusan yang paling mengganggu, tetapi bukan berarti urusan itu tidak dapat diatasi. Kamu dapat memanfaatkan bawang putih guna proses pengobatan jerawat. Dengan demikian memakaikan bawang putih pada  area kulit kamu yg terkena jerawat dapat mempercepat kematangan jerawat lebih cepat dari biasanya, dan dengan begitu pasti akan cepat selesai pun proses penyembuhannya.

3. Mengandung Antiseptik

Tahukah kamu andai antiseptik pada bawang putih, ternyata dapat juga dimanfaatkan guna* mengobati jerawat. Dengan memakai bawang putih, maka bakteri penyebab jerawat bakal mati dan jerawat cepat sembuh. Hingga tidak akan lagi terdapat  bakteri jahat yang dapat menyebar membahayakan dan memicuh tumbuhnya jerawat di wilayah lain. Kamu dapat membuat jus bawang putih, dan menempelkannya pada wajah yang berjerawat.

4. Menyembuhkan Jerawat Selama 2-7 Hari

Dengan memakai bawang putih bisa mempercepat proses pengobatan jerawat 2 kali lebih cepat dari biasanya. Kandungan senyawa aktif dalam bawang putih dapat menyembuhkan jerawat 2 kali lebih cepat dari biasanya. Cara menggunakannya paling mudah, cukup hanya dengan menghaluskan bawang putih dengan blender atau diulek anda sudah dapat menggunakan bawang putih guna membasmi jerawat yg membandel pada wajah.

5. Rasa Gatal Pada Jerawat

Menggunakan bawang putih sebagai salah satu alternatif obat jerawat ternyata juga akan dapat  menciptakan  kulit mu merasa gatal dan panas. Rasa ini muncul dampak efek dari senyawa yang terdapat dari bawang putih, kulit anda sedang berjerawat. Dan otomatis kulit dalam suasana sensitif bakal zat asing yang menempel, sampai-sampai hal ini mengakibatkan kulit terasa gatal-gatal dan bahkan me-merah. Kamu dapat meredahkan gatalya dengan memakai air dingin, dan aliri wajah mu dengan air tersebut.

6. Menyebabkan Rasa Perih

Di samping rasa gatal dan panas, bawang putih dapat menyebabkan kulit mu terasa perih. Namun urusan ini memang lumrah terjadi, sebab pada dasarnya bawang putih berisi antiseptik. Kamu dapat membasuh wajah mu dengan air dingin, kerjakan ini sekitar satu menit. Jika wajah telah dibasuh, kamu dapat mengeringkan wajah mu dengan tisu wajah dan mendapatkan hasil yang lumayan hanya dengan menempelkannya pada wajah mu. Atau kamupun boleh tidak mengeringkan air pada wajah, dan biarkan kering dengan sendirinya.

7. Timbul Rasa Panas

Rasa panas dapat berdampak buruk bagi wajah seiring dengan rasa gatal dan perih laksana terbakar. Jika anda merasakan ini, usahakan segera bilas atau basuh wajah mu memakai air keran. Kamu dapat menggunakan air dingin dari lemari es pun di persilahkan agar kulit mu lebih dingin dan tidak panas. Dan andai kamu merasa rasa panas itu tidak hilang, segera konsultasikan ke dokter kulit terdekat.

8. Timbul Flek Hitam

Menggunakan bawang putih sebagai obat jerawat ternyata dapat mengakibatkan flek hitam pada wajah. Tentu urusan ini bakal menjadi masalah ke dua sesudah jerawat, dan bahkan bakal menjadi sebuah masalah jangka panjang. Flek hitam paling sulit dihilangkan pada sejumlah jenis kulit wajah, dan bahkan nyaris tidak dapat dihilangkan. Oleh sebab tersebut gunakanlah bawang putih sebagai obat dengan secukupnya saja, dan lansung bilas andai ada indikasi gatal, panas ataupun perih.

9. Menimbulkan Peradangan

Tahukah kamu andai ternyata memakai bawang putih sebagai obat jerawat, akan memunculkan peradangan untuk beberapa jenis kulit. Hal ini akan membahayakan kesehatan kulit, bahkan dapat merusak lapisan epidermis pada kulit mu. Jika anda menggunakan bawang putih sebagai obat jerawat, usahakan segera bersihkan dengan air dingin dan tidak boleh memberikan bawang putih pada wajah dalam jangka panjang.

10. Kulit Jerawat Melepuh

Bawang putih berisi senyawa aktif yang dapat menciptakan kulit wajah mu panas, perih gatal dan bahkan melepuh. Tentu urusan ini bakal sangat riskan untuk jaringan kulit wajah, dan dapat merusak jaringan tersebut. Jika kamu hendak menggunakan bawang putih sebagai obat jerawat, usahakan tidak memakainya dalam jangka panjang. Karena tidak sangat tidak di anjurakan cukup gunakan seperlunya saja penggunaan bawang putih  ini sebagai salah satu alternatif bahan untuk menghilangkan jerawat. Salam Cantik!

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *