Apa Penyebab Jerawat yang Sulit di Hilangkan,? Yuk, Pahami Lebih dini.

Jerawat atau yang umum di dunia medis menyebutnya dengan “acne” adalah salah satu masalah nyebelin dalam kehidupan sehari-hari sebab mengganggu penampilan banget. Bagi mengetahui faedah dari obat-obatan yang anda pakai, anda perlu tahu mengenai penyebab jerawat. Artikel ini barangkali dapat membantu, yuk simak.

Dalam ilmu kulit dan kelamin, terbentuknya jerawat diandalkan  sebagai campuran dari empat buah faktor, yaitu:

a. Produksi sebum (minyak di kulit) yang berlebih

b. Adanya zat-zat peradangan yang hadir di kulit

c. Sumbatan di pori-pori dampak penebalan pada lapisan terluar dari kulit pelapis kantung rambut. Penebalan itu dalam dunia medis dinamakan dengan hiperkeratinisasi folikular.

d. Infeksi bakteri

Jerawat bisa timbul saat sebum (minyak di kulit) dan sel-sel kulit mati terjebak di folikel rambut. Folikel rambut ialah kantung kecil lokasi akar rambut berada. Jika sumbatan folikel sedang di bawah permukaan (tertutup), maka akan terlihat adanya penonjolan, dan dinamakan dengan komedo putih. Sedangkan komedo hitam ialah sumbatan yang tersingkap di permukaan dan terlihat kehitaman. Komedo putih disebut pun whitehead sementara istilah beda komedo hitam ialah blackhead.

 

“simak juga artikel terkait berikut ini:”

 

Faktor-Faktor Yang Bisa Memperparah Jerawat Kamu:

 

A. Hormon

Hormon yang berpengaruh ialah hormon androgen, dimana hormon ini tinggi pada lelaki tetapi ada pun pada perempuan dengan kadar yang lebih rendah. Gangguan hormon pada perempuan dapat diakibatkan oleh: siklus menstruasi (biasanya sebelum hari kesatu menstruasi, sejumlah wanita akan hadir jerawat), kehamilan dan sindrom ovarium polikistik (Polycystic Ovarian Syndrome atau PCOS).

B. Obat-obatan.

Beberapa obat yang berpengaruh ialah obat-obatan yang berisi steroid, hormon, dan litium (biasa dipakai untuk penyembuhan gangguan mental bipolar).

C. Makanan

Masih perlu tidak sedikit penelitian mengenai pengaruh sejumlah unsur di makanan terhadap jerawat. Produk susu dan makanan kaya karbohidrat telah terbukti sebagai salah satu hal pemicu jerawat. Sedangkan coklat dan makanan berminyak masih diragukan apakah mempunyai hubungan sebab-akibat dengan jerawat.

a.)           Stres psikologis.

b.)           Riwayat family berjerawat / Faktor Genetik.

c.)           Benda-benda yang menutupi wajah dalam jangka masa-masa lama, laksana ikat kepala.

 

Faktor-Faktor Paling dasar Penyebab Muncul nya jerawat

 

 a. Pubertas

Hal yg paling umum sekali sebagai tanda-tanda awal mula munculnya jerawat pada manusia normal adalah di masa-masa pubertas,perubahan yg terjadi pada tubuh ketika memasuki masa pubertas ini dapat memicu tumbuhnya jerawat di sekitar area wajah anda bahkan menurut berbagai penelitian yg di lakukan oleh kalangan medis menemukan fakta bahwa sebagian besar orang mempunyai jerawat ketika mengalami pubertas atau pada saat-saat remaja.Hal ini disebabkan karena pada masa puber, sebum yang dihasilkan oleh kelenjar minyak produksinya meningkat,di picu pula oleh karena meningkatnya produksi hormon testosteron.inilah yang menyebabkan mengapa pada masa-masa puber jerawat yang membandel tumbuh subur pada area wajah.apalagi jika kita jarang membersihkan dan merawat permukaan kulit wajah ini akan semakin memperparah kondisi wajah oleh karna jerawat yg tumbuh di sekitarnya.

 

b. Perubahan hormon pada tubuh

 

Perubahan Hormon yg terjadi Tidak hanya pada remaja, bahkan orang dewasa sekalipun dapat mengalami perubahan hormon pada tubuh dan dapat memiliki jerawat pada wajahnya. Biasanya hal seperti ini bisa terjadi dikarenakan adanya perubahan kadar hormon pada tubuh. Hal ini lebih sering terjadi pada wanita, sebab bisa jadi pada beberapa kasus dan pada masa-masa tertentu terutama pada masa menstruasi dan kehamilan yg terjadi pada wanita di saat-saat itulah terjadi perubahan hormon yang cukup signifikan. Pada saat wanita mengalami menstruasi, jerawat biasa muncul menjelang menstruasi. Begitu pula yg terjadi pada wanita yang sedang hamil, munculnya jerawat pada wajah biasanya pada saat hamil dengan usia kandungan 3 bulan pertama.

 c. Pemakaian Make up berlebih

Kasus yang satu ini sangat sering terjadi Khususnya bagi para wanita yang kesehariannya tak dapat dipisahkan dengan yg namanya make up,ibarat pepatah kata yang mengatakan makan nasi tanpa sayur hambar rasanya begitu juga dengan wanita tanpa makeup apa jadinya,dan bagaimana rupanya?!,penggunan makeup sebenarnya tidak di larang oleh medis dan sah-sah saja jika menggunakannya sehari-hari namun yang perlu di waspadai agar tidak menyesal kemudian akibat munculnya jerawat di sekitar wajah anda adalah penggunaan make-up yang berlebihan tanpa diimbangi dengan membersihkan dan merawat permukaan wajah secara teratur hal ini akan jadi penyebab utama munculnya jerawat pada wajah anda. Hal ini berlaku Tidak hanya pada pemakain makeup yang berlebih,namun juga dapat terjadi apabila memakai produk make-up yang tidak cocok dengan kondisi kulit wajah juga dapat memicu munculnya jerawat pada wajah,maka dari itu menjaga,merawat dan membersihkan wajah serta tidak menggunakan makeup yg berlebih pada wajah sangat di saran kan agar benih-benih jerawat tidak dapat muncul pada wajah anda begitu juga dengan pemilihan yg sesuai dengan wajah anda dapat menjaga kondisi wajah anda tetap mulus tanpa jerawat dan selain itu pula dapat menghindarkan anda pada infeksi kulit yg akan terjadi ketika anda salah memilih makeup dan menggunakannya secara berlebihan.

 d. Terlalu Sering mencuci muka

Praktek sederhana yang satu ini sering kali tidak kita indahkan padahal hal ini sangat penting di lakukan agar menjaga permukaan kulit anda tetap freesh,bersih dan terhindar dari jerawat namun tahukah anda?? bahwa banyak sekali dari kita yang menganggap bahwa penyebab munculnya jerawat pada wajah adalah karena kurang rutin membersihkan muka. Oleh karenanya Anda sering sekali membersihkan muka bahkan dalam sehari saja bisa sampai 3-4 kali.yang perlu anda ketahui adalah sesungguhnya Hal tersebut justru akan membuat wajah Anda berjerawat karena produksi minyak pada wajah akan berkurang saat anda terlalu sering mencuci muka sehingga dapat menyebabkan kulit akan terus memproduksi minyak berlebih. Cuci lah muka cukup hanya dengan 2 kali saja dalam sehari agar wajah anda tetap bersih dan kulit wajah anda tetap sehat sehingga dapat terhindar dari jerawat.

 

e. Ponsel yang kotor

Benda yang paling dekat dalam keseharian kita di era yg serba canggih seperti saat ini apa lagi jika bukan ponsel,sebenar nya tak mengapa menggunakan ponsel yg kita miliki asal anda memperhatikan juga point –point kesehatan yang ada di dalam penggunaan ponsel anda,saat ini Masih banyak orang yang belum atau bahkan yg lebih tragis tidak mengetahui sama sekali bahwa ponsel yang kita pakai sangatlah kotor.karna ponsel adalah termasuk salah satu benda yg sangat sering di sentuh bisa saja perpindahan kuman ataupun kotoran yg ada pada ponsel menempel pada wajah anda ketika anda melakukan panggilan via telfon misalnya,antara ponsel dan bagian wajah anda pasti akan tertempel,selain itu juga Kita sering sekali menyentuh benda kotor dan kemudian memegang ponsel. Praktis saja tangan yang tadi nya kotor tersebut nantinya akan memindahkan bakteri dan kuman kepada ponsel kita. Bahkan menurut beberapa penelitian yg dilakukan oleh paramedis, dan hasil yang didapat menyebutkan bahwa ponsel yang selama ini kita gunakan sebenarnya  tingkat ke tidak seterilannya adalah 18 kali lebih kotor dan mengandung banyak sekali kuman dan bakteri jahat apabila di bandingkan dengan gagang pintu yg ada di rumah-rumah atau pada toilet umum sekalipun. Tidak hanya sekedar mengandung kuman danbakteri, anda juga perlu tahu bahwa ponsel anda juga merupakan sarang berkembang biaknya kuman dan bakteri jahat. Hal ini di sebabkan karna penggunaan kita terhadap ponsel sehari bayangkan saja,setelah kita memegangnya dengan tangan yang kotor, kita menaruhnya kembali pada tempat yang sempit dan gelap baik di dalam saku celana atau pun di masukkan kedalam tas nah pada saat itulah Bakteri akan berpesta dan berkembang biak dengan sangat cepat di ponsel Anda.

 f. Konsumsi makanan tak sehat

Selain pengaruh dari luar ternyata yang tak kalah penting yang juga harus kita perhtikan agar terhindar dari jerawat adalah pola konsumsi makanan dalam tubuh kita.jika di teliti lebih lanjut ternyata jerawat juga sangat dapat disebabkan oleh konsumsi makanan yang tak sehat salah satunya iyalah yang  mengandung lemak tinggi. Hal tersebut akan sangat memicu produksi sebum yang berlebihan dalam tubuh anda.

 g. Memencet jerawat

Terkadang kita merasa risih karena adanya jerawat yg menempel pada wajah kita sedikit gatal dan rasanya anda ingin sekali sesegera mungkin menyingkirkannya dari wajah anda dengan cara memencetnya. Ups,tapi nanti dulu. Apakah Anda sudah yakin dan memastikan bahwa tangan Anda benar2 steril dan bersih? Permasalahan sebenarnya bukan hanya karena tangan kita yang kotor dan tidak seteril, dengan memencet jerawat, kita tidak akan menyelesaikan masalah yang ada malah kita hanya akan menekan sumbatan pori-pori kulit kita ke bagian yang lebih dalam akibat yang di timbulkannya malah akan menyebabkan bekas jerawat pada wajah,yang pastinya itu akan sangat mengganggu dan mengurangi tingkat kepercayaan diri anda akan turun karna adanya noda bekas jerawat pada wajah anda.

 

Pertanyan Seputar Penyebab Jerawat

Beberapa pertanyaan mendasar seputar jerawat ini patut anda ketahui jawabannya.antara lain seperti beberapa pertanyaan di bawah ini:

 

Pertanyaan: “Jerawat diakibatkan karena wajah yang kotor dan kurang nya menjaga kebersihan pada kulit.”

jawab: Tentu saja baik adanya bila kamu rajin mencuci wajah. Namun, perlu dikenang kembali bahwa mayoritas proses penyebab jerawat berada dari dalam kulit, bukan dari luar. Bahkan pada sejumlah kasus, pembersihan dan penggosokan yang terlampau berlebihan bisa memperparah sebab memicu proses peradangan. Oleh sebab itu, bersihkan wajah secara lumrah (maksimal 2x sehari) dan lembut saja cukup.

Pertanyaan: “Aku suka menyantap makanan berminyak, makanya aku jerawatan”

Jawab: Tidak. Makan berminyak tidak mengakibatkan jerawat. Jika anda berada di lingkungan yang berminyak, laksana di dapur, minyak itu dapat menempel di wajah, lantas menyumbat pori-pori dan dapat memunculkan jerawat.

Pertanyaan: “Kosmetik yang aku gunakan buat wajah makin jerawatan”

jawab: secara umum, kosmetik tidak mengakibatkan jerawat andai kosmetik yang kamu pakai bebas minyak (oil-free atau non-comedogenics)sampai-sampai tidak memblokir pori-pori kulit dan anda rajin mencuci kosmetik yang anda gunakan.

 

Jadi, itu ialah penyebab jerawat yang telah terbukti secara ilmiah di dunia kedokteran. Kalau anda sudah tahu, yuk sebisa barangkali menghindarinya. Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit di sini andai ada penyebab yang tidak bisa dihindari sendiri, laksana genetik, hormon dan obat-obatan segera cek secara berkala.

 

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *